Alamat: Jl. Danau Tondano No. 1 Kelurahan Sumber Mulyo Rejo
Kecamatan Binjai Timur 20735
Telp: 0618825138 HP: 081361690503, E-mail: nurhidayah.heri@gmail.com

Selasa, 14 Juli 2009

shahih Bukhari

dari Umar bin Khaththab ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, " Sesungguhnya setiap amal haruslah dengan niat. Dan sesungguhnya seseorang mendapat balasan sesuai dengan niatnya. Maka barang siapa (niat) hijrahnya karena dunia yang hendak diperolehnya atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka (pahala) hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya, untuk apa ia hijrah."


Dari Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Dasar (pokok) Islam itu didirikan atas lima hal, yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shallat, memberikan zakat, haji dan puasa Ramadhan."


Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. bersabda,"Iman itu mempunyai lebih dari enam puluh cabang adapun malu adalah salah satu cabang dari iaman."


Dari Abdullah bin Umar ra. dari Nabi saw bersabda," Orang Islam itu adalah orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya. Dan orang yang berpindah (Muhajir) adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah."


Dari Abu Musa ra. berkata,"Mereka berkata,"Wahai Rasulullah! Islam yang bagaimanakah yang lebih utam?' Beliau bersabda,"Orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari gangguan lidah dan tangannya."

Dari Abdullah bin 'Amar ra., bahwasannya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw., "Islam yang bagaimanakah yang lebih baik?" Beliau bersabda," Kamu memberikan makanan, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang belum kamu kenal."


Dari Anas ra. Nabi saw. bersabda, "Tidak (sempurna) iman seseorang di antaramu sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri."

Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda," Demi Dzat yang jiwaku dalam genggaman-Nya, tidak (sempurna) iman seseorang di antaramu sebelum ia lebih mencintai aku daripada mencintai orang tua dan anaknya."

Dari Anas ra. dari Nabi saw. bersabda,"Tiga hal, barang siapa yang terdapat padanya maka ia mendapat manisnya iman, yaitu Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya daripada selain keduanya, mencintai seseorang hanya karena Allah, dan ia membenci untuk kembali kepada kekafiran sebagaimana bencinya akan dicampakkan ke dalam neraka."

Dari Anmas ra. dari Nabi saw. bersabda, "Tanda iman adalah cinta orang-orang Anshar dan tanda munafik adalah benci orang-orang Anshar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar